Minggu, 12 Oktober 2014

Robot Toshiba Mampu Berkomunikasi Melalui Bahasa Tubuh


Toshiba baru-baru ini berhasil menciptakan inovasi robot yang mampu berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa gerak tubuh. Nama robot berbentuk manusia itu adalah Aiko Chihira.

Toshiba menyebut ciptaannya sebagai “communication android” dan dikenalkan pada acara Cutting-Edge IT&Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) di Jepang sebagaimana dilansir Yahoo, Sabtu (11/10/2014).

Robot ini didesain agar mampu menghasilkan gerakan halus secara maksimal di bagian tangan dan lengan. Memiliki 43 mekanisme sistem kontrol (actuator) yang tergabung bersama, agar mampu mengomunikasikan bahasa tubuh.

Sementara ini, kisarannya sangat terbatas: hanya bisa mereplikasi gerakan sederhana seperti salam sambutan. Namun, Toshiba berencana mengembangkan robot ini menjadi robot yang mampu berkomunikasi sempurna pada 2020. Komunikasi yang dimaksud akan meliputi ucapan, kemampuan mengenali suara, kontrol dan sensor lainnya.

Tujuan akhirnya, ujar Toshiba adalah robot mampu menjadi teman bagi lanjut usia dan penderita demensia agar mampu menjadi sumber konsultasi dengan bahasa alami. Selain itu agar dapat berkomunikasi dengan bahasa tubuh dan memungkinkan pekerja kesehatan atau anggota keluarga mengawasi orang lanjut usia.

Osaka University membantu Toshiba dengan mensuplai teknologi untuk menciptakan robot yang mirip manusia. Selain itu, Shibaura Institute of Technology dan Shonan Institute of Technology membantuk teknologi sensor berbasis pembelajaran gerak dan teknologi penggerak robot. Toshiba sendiri menciptakan algoritma yang mengontrol dan menentukan koordinat aktuator robot. (techno.okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar